Senin, 02 November 2009

Papua, Kaya Akan Potensi Rumput Laut

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Papua, Ir Astiler Maharadja mengungkapkan Salah satu potensi perikanan yang cukup potensial di kembangkan pada negeri cendrawasih ini adalah biota rumput laut, karena rumput laut asal Papua itu dinilai masih murni dari berbagai pencemaran bahan kimia. Demikian ungkapnnya belum lama ini di ruang kerjannya kepada wartawan.
tidak hanya itu potensi rumput laut asal papua dapat dimanfaatkan untuk agar-agar (bahan makanan), kosmetik, kapsul obat-obatan bagi kesehatan manusia bahkan rumput laut jenis merah dapat dikelola menjadi bahan baku kertas.

ia menambahkan bahwa Rumput laut jenis merah telah dikembangkan di berbagai daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).Peluang yang sama akan dikembangkan di Provinsi Papua. katannya.

saat ini potensi rumput laut tersebut masih terkendala oleh penjualan dan eksport. memang banyak Negara-negara yang telah menawarkan niatnya membeli rumput laut asal Papua yaitu Jepang, China, Korea, Hongkong, Taiwan, Philipina dan sejumlah negara di Eropa maupun Amerika. Para konsumen asal Asia, Eropa dan Amerika itu mengetahui kalau kualitas rumput laut dari Papua cukup tinggi dan belum dicemari bahan kimia. Tambahnnya.

Asitler merespons peminat rumput laut asal Papua dan hal itu telah disampaikan pimpinan organisasi profesi perekonomian termasuk pimpinan Kamar Dagang dan Industri daerah (Kadinda) Provinsi Papua agar menangkap peluang pasar ini karena manfaatnya sangat besar demi pengembangan perekonomian dalam negeri khususnya di Provinsi Papua.

Ir.Asitiler memaparkan, pihaknya telah memperjuangkan ke Departemen Keluatan dan Perikanan (DKP) di Jakarta melalui APBN mengalokasikan dana untuk pengembangan rumput laut yang telah direalisasikan sejak tahun 2007 sampai sekarang. Anggaran tersebut selain untuk budidaya rumput laut juga untuk pengembangan keramba ikan air tawar.

Sumber ANT/wan

Ditulis dalam Situs Terkait | Tag: wawan

0 komentar: