Kamis, 05 November 2009

Kucing pun Tertular Virus H1N1

VIVAnews - Seekor kucing di negara bagian Iowa, Amerika Serikat (AS), turut tertular flu babi. Hasil tes menunjukkan kucing itu positif mengidap virus Influenza A/H1N1.

Laporan dari lembaga The American Veterary Medical Association (AVMA) menyatakan bahwa ini pertama kalinya kucing didiagnosa mengidap strain influenza H1N1. Laporan itu juga menyatakan kucing tersebut telah sembuh dan dipercaya tertular dari anggota keluarga yang mengidap H1N1.

"Tidak ada indikasi kucing itu bisa menularkan virus kepada manusia atau hewan lainnya," jelas pernyataan AVMA seperti yang dikutip dari laman surat kabar The Washington Post, Rabu 4 November 2009.

Departemen Kesehatan AS menyatakan dua dari tiga anggota keluarga pemilik kucing berusia 13 tahun tersebut menderita penyakit "seperti Influenza" sebelum peliharaan mereka mengidap penyakit yang sama. "Mereka juga udah sembuh," demikian pernyataan Departemen Kesehatan.

Sebelum kucing ditemukan mengidap flu babi, virus yang sama ditemukan pada manusia, babi, unggas dan hewan sejenis musang.

Perpindahan virus flu babi dari manusia ke hewan peliharaan bukan hal yang baru di Iowa. Tetapi munculnya kasus ini mendorong Departemen Kesehatan mengajak bersama Asosiasi Praktisi Veterinary Amerika mengimbau pemilik agar menjaga hewan peliharaan mereka.

"Mereka (pemilik) harus memonitor kesehatan hewan peliharaan dengan cermat. Tidak peduli apa jenis hewan dan segera mengunjungi dokter hewan jika peliharaan mereka menunjukkan gejala-gejala penyakit," demikian pernyataan Departemen Kesehatan.

0 komentar: