Selasa, 03 November 2009

Korsel Kembali Bersiap Luncurkan Roket

VIVAnews - Setelah berkali-kali ditunda, Korea Selatan (Korsel) kembali bersiap meluncurkan roket pertama produksi sendiri, Selasa 25 Agustus 2009. Roket Korea Space Launch Vehicle-1 (KSLV-1) atau Naro-1 dijadwalkan akan meluncur ke angkasa luar dari Pusat Angkasa Luar Naro Space Center di Korsel bagian selatan pada pukul 5 sore waktu Seoul.

Seperti dikutip dari kantor berita pemerintah Korsel, Yonhap, peluncuran KSLV-1 pada 19 Agustus lalu ditunda hanya beberapa menit sebelum diluncurkan karena sedikit gangguan pada sistem. Bahan bakar harus dipindahkan setelah peluncuran ditunda, sehingga perlu beberapa hari untuk menjadwal ulang peluncuran.

Pengembangan roket Korea Space Launch Vehicle-1 atau Naro-1 ini bergantung sepenuhnya pada pusat produksi angkasa luar Khrunichev, Rusia, yang membangun peluncur roker tahap pertama, melakukan tes, dan menyediakan bantuan teknis.

Naro-1 memiliki panjang 33 meter dengan biaya 502,5 miliar won. Peluncuran ini diperkirakan akan memancing amarah Korea Utara yang sedang dikenai sanksi PBB karena meluncurkan roket jarak jauh April lalu, dan disebut sebagai uji coba rudal.

Korsel ingin membangun sendiri sebuah roket pada 2018 dan mengirim roket untuk memonitor bulan pada 2025. Korsel juga ingin mengembangkan layanan komersial untuk meluncurkan satelit. Namun, kemajuan program angkasa luar Korsel masih jauh berada di bawah Jepang, China, India, dan Korut.

0 komentar: