Rabu, 04 November 2009

Bapak Antropologi Modern Tutup Usia

VIVAnews - Antropolog terkemuka asal Prancis, Claude Levi-Strauss, meninggal dunia di Paris, Prancis, dalam usia 100 tahun, Sabtu pekan lalu, 31 Oktober 2009. Namun, kematiannya baru diumumkan oleh pihak penerbit karya-karya Levi-Strauss, Plon, Selasa 3 November 2009.

Levi-Strauss disebut sebagai bapak antropologi modern berkat karya-karyanya. Beberapa di antaranya adalah teori tentang persamaan komponen antara masyarakat industri dan suku. Karya-karya pemikir abad 20 ini, dalam rentang enam dekade, antara lain "Tristes Tropiques" (1955), "The Savage Mind" (1963), dan "The Raw and the Cooked" (1964).

Seperti dikutip dari laman stasiun televisi BBC, Levi-Strauss juga memperkenalkan strukturalisme, konsep mengenai pola umum pikiran dan tingkah laku, terutama mitos, dalam jangkauan luas masyarakat. Dia juga seorang pecinta musik sejati. Presiden Prancis Nicolas Sarkozy menyebut Levi-Strauss sebagai salah satu etnolog besar sepanjang waktu.

Lahir dari orang tua berkebangsaan Prancis dengan darah Yahudi pada 28 November 1908, Levi-Strauss diberi gelar doktor dari sejumlah institusi pendidikan terkemuka, seperti Harvard, Yale, dan Oxford. Selain itu juga dari universitas di Swedia, Kanada, Meksiko, dan Kanada.

Sejak lama dia juga menjadi anggota Academie Francaise, badan pembelajaran terkemuka mengenai hal-hal yang bersingungan dengan Bahasa Prancis. Jean-Mathieu Pasqualini, kepala staf Academie Francaise, mengatakan Academie Francaise akan mengadakan upacara penghormatan bagi Levi-Strauss pada Kamis pekan ini.

0 komentar: