Rabu, 04 November 2009

Militer Duduki 'Kampung' Pemimpin Taliban

VIVAnews - Militer Pakistan berhasil menduduki Kotkai, kampung halaman pemimpin Taliban Hakimullah Mehsud, pada Sabtu (24/10). Kotkai berhasil dikuasai setelah pertempuran selama tiga hari.

Kotkai juga merupakan daerah asal Qari Hussain, perancang sejumlah pengeboman di seluruh Pakistan. Laman Times Online, Minggu, 25 Oktober 2009 memberitakan, desa itu dipenuhi ranjau darat dan bungker persembunyian.

Namun para pemimpin militan, termasuk Mehsud diperkirakan telah melarikan diri ke Waziristan Utara. Panglima angkatan darat Jenderal Ashfaq Pervez Kayani berjanji akan berusaha meminimalisasi korban warga sipil.

Operasi militer Pakistan di Waziristan Selatan telah memasuki pekan kedua. Lebih dari 30 ribu prajurit, dengan dukungan helikopter, jet tempur, dan alat perang berat dikerahkan untuk menghadapi 12 ribu pemberontak di perbatasan Pakistan-Afghanistan tersebut.

Hingga saat ini, sebanyak 162 militan dan 22 prajurit telah tewas terbunuh. Menteri Pertahanan Chaudhry Ahmed Mukhtar mengatakan keamanan Pakistan bergantung kepada keberhasilan operasi ini.

"Kami mengejar Taliban dan Al Qaida, dan kami tidak akan memberi ampun kepada mereka," kata Mukhtar.

Pekan lalu, tentara berhasil mengamankan kota Sherwangai yang merupakan pintu memasuki daerah Sra Rogha, Makeen, dan Ladha. Dari Sherwangai, tentara juga dapat bergerak dengan mudah ke puncak tertinggi di kawasan itu, Asman Mannja.

0 komentar: