Rabu, 04 November 2009

Banjir Bandang Landa Vietnam, 11 Orang Tewas

VIVAnews - Badai tropis Mirinae menyebabkan banjir bandang di sejumlah provinsi di Vietnam tengah, Selasa (3/11). Setidaknya sebelas orang meninggal dan dua orang masih belum dapat ditemukan.

"Di provinsi Phu Yen, sepuluh orang meninggal dalam bencana banjir pasca-Mirinae," kata petugas penanggulangan bencana Duong Van Huong.

Sejumlah desa di provinsi Binh Dinh mengalami banjir terburuk selama 40 tahun terakhir. Satu orang tenggelam di Binh Dinh dan dua orang masih dalam pencarian.

Pemerintah daerah meminta pemerintah pusat mengirimkan helikopter untuk menyelamatkan warga yang terpaksa mengungsi di atap rumah. Sementara itu, tentara sudah mengevakuasi sebagian orang dengan menggunakan kapal bermotor cepat.

Sebelum menerpa Vietnam, Mirinae menghantam Filipina. Sekitar 20 orang tewas dalam badai itu.

Vietnam dan Filipina masih belum pulih pasca badai Ketsana yang menyebabkan banjir terburuk selama empat dekade terakhir di Manila. Di Vietnam, Ketsana menewaskan 160-an orang.

Sementara di Filipina, Ketsana dan dua badai tropis berikutnya menghilangkan nyawa 900 penduduk. Sekitar 87 ribu orang masih tinggal di kamp pengungsi. (AP)

0 komentar: