Rabu, 04 November 2009

Manisnya Permen Kelapa di Delta Mekong

VIVAnews - "Coconut candy, Sir, very sweet. Only 100.000 Dong for six." Dengan penampilannya yang memikat, seorang perempuan yang mengaku bernama Dung itu berhasil menarik minat para turis asal Indonesia untuk membeli permen kelapa yang dia jual.

"Satu pak seharga 20.000 Dong (sekitar Rp 10.500). Tapi kalau beli seharga 100.000 Dong dapat enam pak," kata perempuan itu dengan bahasa Inggris yang lumayan lancar, walau sedikit cadel.

Pantas saja dia bernama Dung. Dalam bahasa Vietnam, Dung itu menggambarkan orang yang cantik dan berpenampilan baik.

Permen kelapa dengan berbagai rasa - cokelat, keju, durian, dan kacang - merupakan salah satu andalan bagi penduduk kawasan Delta Sungai Mekong di Vietnam. Kepada para turis, mereka juga menawarkan produk-produk hasil alam, seperti buah-buahan tropis dan madu.

Berkat dukungan dana dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan para negara donatur, pemerintah Vietnam berhasil mengangkat taraf hidup penduduk di kawasan Delta Mekong, yang terletak di ujung selatan negara itu.

"Penduduk di Delta Mekong dan pulau-pulau di sekitarnya kini tak sekadar mengandalkan penghidupan mereka dari menangkap ikan. Mereka pun bisa memanfaatkan kekayaan alam dan wilayah mereka untuk menjadi daya tarik wisata," kata Hung Tran, seorang pemandu wisata kepada VIVAnews yang turut membeli enam pak permen kelapa yang dijual Dung.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak biro wisata di Vietnam kini menawarkan paket perjalanan menuju Delta Mekong, yang memakan waktu sekitar dua jam dari Kota Ho Chi Minh (Saigon).

Para nelayan di Delta Mekong, Vietnam, menawarkan jasa wisata perahu

Para nelayan di Delta Mekong, Vietnam, menawarkan jasa wisata perahu (VIVAnews/Renne Kawilarang)

"Atraksi utama yang ditawarkan di Delta Mekong adalah pesiar dengan kapal boat ukuran sedang ke sejumlah pulau di tengah sungai," kata Hung. Selain itu, para turis didrop di Pulau Unicorn untuk merasakan asyiknya mendayung perahu kecil dengan menyusuri kali yang bermuara di Sungai Mekong. Perahu-perahu itu dioperasikan oleh para nelayan dan keluarga mereka.

Di pulau-pulau sekitar Delta Mekong, para turis juga bisa menikmati segarnya air kelapa dan manisnya madu yang dikumpulkan para lebah. Para turis bisa menikmati buah-buahan tropis seperti lengkeng, rambutan, dan buah naga. Tak hanya itu, "Mari, rasakan pula manisnya permen kelapa yang dijual perempuan ini," kata H
a Hung.

0 komentar: