Rabu, 04 November 2009

Militer Pakistan Mengamuk, 20 Militan Tewas

VIVAnews - Militer Pakistan menewaskan 20 anggota milisi pemberontak dalam serangan udara di Waziristan Selatan, Kamis 15 Oktober 2009. Serangan ini menargetkan markas militan di desa Ladha, Makeen, Nawaz Kot, dan Sararogha.

Sumber stasiun televisi CNN mengatakan serangan udara ini merupakan upaya memperlemah lawan sebelum melancarkan operasi darat. Operasi di Waziristan Selatan yang telah dimulai Selasa kemarin ini belum resmi dimulai.

"Militer bisa lebih jauh bergerak pada serangan udara Kamis karena langit cerah," kata sumber yang menolak disebut namanya tersebut.

Serangan terjadi setelah militan melancarkan rangkaian serangan yang menewaskan setidaknya 30 polisi Pakistan dan warga sipil. Sekitar sepuluh militan terbunuh dalam serangan-serangan itu.

Akhir pekan lalu, kelompok militan berhasil menembus pertahanan markas besar angkatan darat Pakistan di Rawalpindi. Lima militan menyandera puluhan orang selama 22 jam. Sebelas personel militer, tiga warga sipil, dan sembilan militan tewas dalam upaya pembebasan.

Pada Rabu (14/10), militer Pakistan mengebom desa Gorgoray, Waziristan Selatan. "Delapan warga sipil tewas, termasuk ayah komandan militan Nur Wali," kata pemimpin Taliban di Razmak, Waziristan Utara, Ahmed Ullah.

0 komentar: