Selasa, 03 November 2009

Handover Test LTE Berhasil Dilakukan

VIVAnews - Nokia Siemens Network sukses melakukan handover test LTE pertama di dunia dengan menggunakan base station (BTS) komersial dan software yang sepenuhnya sesuai standar. Pengujian ini memastikan bahwa prosedur handover LTE dapat ditangani dengan benar menggunakan BTS dan terminal uji LTE dari Nokia Siemens Networks.

Handover merupakan fitur kunci dalam teknologi mobile radio. Handover test LTE yang dilakukan merupakan pengujian pertama yang sepenuhnya sesuai dengan standar LTE 3GPP (badan standar LTE yang relevan) yang ditetapkan pada Maret 2009.

Dalam pengujian awal ini, handover dilakukan antara cell BTS LTE Nokia Siemens Networks. Dukungan handover diperlukan untuk mendukung konektivitas yang mulus ketika panggilan layanan bergerak seorang pengguna yang ditangani berpindah dari satu mobile cell ke mobile cell lainnya, misalnya ketika pengguna tersebut sedang bergerak.

“Nokia Siemens Networks memfokuskan pada hardware dan software komersial, bukan solusi-solusi level menengah yang pra-komersial,” kata Marc Rouanne, head of Nokia Siemens Networks Radio Access business unit, pada keterangan pers yang VIVAnews kutip, 3 November 2009.

“Kami telah mengirim Flexi Base Station yang mendukung LTE ke lebih dari 100 pelanggan,” kata Rouanne. “Handover LTE menggunakan software sesuai standar ini merupakan sebuah langkah maju menuju penggelaran LTE komersial,” ucapnya.

Rouanne menyebutkan, pengujian dilakukan berdasarkan verifikasi dukungan handover sebelumnya dalam solusi Evolved Packet Core Nokia Siemens Networks untuk jaringan inti LTE, termasuk produk Flexi NG dan Flexi NS. Produk dan terminal jaringan LTE yang sesuai standar merupakan prasyarat bagi penggelaran jaringan komersial dan pengguna memperoleh manfaat berupa beragam pilihan peranti LTE dari berbagai vendor.

Nokia Siemens Networks sendiri berkomitmen untuk mendorong implementasi 3G komersial mulai tahun 2010. Caranya adalah dengan menghadirkan solusi lengkap yang menyediakan jalur menuju LTE yang hemat biaya, mudah dan teruji di masa depan hanya dengan melalui upgrade software.

0 komentar: