Minggu, 01 November 2009

TIPS MENGHEMAT bahan bakar mobil

1. Jangan memanaskan mesin mobil anda terlalu lama, waktu 3-4 menit sudah cukup untuk memanaskan mesin mobil. Saat jarum penunjuk suhu mesin kendaraan anda mulai bergerak, Anda sudah siap untuk menjalankan mobil.

2. Melajulah dengan kecepatan yang konstan, berakselarasi seperlunya dan tidak berlebihan. Jika ingin menambah kecepatan mobil, setelah pedal gas ditekan sedikit dan RPM mulai naik , segera pindah posisi perseneling ke posisi yang lebih tinggi. Jangan tunggu sampai RPM (putaran mesin) mesin naik terlalu tinggi sehingga mesin sampai menderu (ingat! anda bukan pembalap drag race). Dengan hal itu anda sudah dapat menghemat bahan bakar sampai 6-11 persen.

3. Andai terpaksa menginjak pedal gas cukup dalam karena sebuah kondisi, usahakan jangan lebih dari 75%. Anda bisa memanfaatkan momentum daya dorong mobil untuk melakukan percepatan. Pakai perseneling yang paling tinggi saat Anda mengemudikan mobil bekas anda di jalan tol, sehingga RPM/putaran mesin akan tetap rendah, dampaknya pemakaian bahan bakar bisa lebih hemat.

4. Saat mobil anda sedang meluncur di jalan yang sepi atau lempeng, misalnya di by pass atau di jalan tol, usahakan kecepatan mobil anda berada pada kisaran 70-80 km/jam (tergantung kapasitas CC mobil bekas anda). Ini kecepatan yang paling pas dan paling ekonomis untuk konsumsi bahan bakar mobil anda. Jika melebihi kecepatan itu, RPM/ putaran mesin akan menjadi tinggi, dan konsumsi bahan bakar mobil anda menjadi boros.

5. Hindari menginjak pedal gas mobil anda dengan menghentak tiba-tiba(kecuali anda sedang mengendarai bom bom car!). Injak pedal gas dengan stabil dan bertahap berlahan, jika kita menginjak pedal gas dengan tiba-tiba, otomatis bahan bakar akan diisap ke ruang bakar menjadi semakin banyak, padahal pada saat itu RPM/putaran mesin masih rendah. Efeknya tidak semua bahan bakar yang masuk ke ruang mesin terbakar. Karena bahan bakar yang masuk tidak keluar dalam bentuk tenaga mobil anda, tetapi terbuang lewat knalpot bersama asap.

0 komentar: