Minggu, 01 November 2009

Si irit ESTILO tampil baru

VIVAnews - PT Suzuki Indomobil Motor akhir pekan lalu meluncurkan Suzuki New Karimun Estilo, yang merupakan perubahan dari Karimun Estilo yang sudah ada di pasar saat ini.

Suzuki Karimun dipasarkan pertama kali pada 1998, kemudian lahir generasi keduanya, yaitu Karimun Estilo yang diluncurkan pada 2007. Karimun Estilo lahir dengan desain yang lebih modern, bodi lebih aerodinamis, serta sistem pasokan bahan yang tidak lagi menggunakan karburator, tapi menggunakan injeksi.

Sejak 1998 hingga September 2009, Karimun dan Karimun Estilo telah terjual 37.659 unit. "Sejak awal diluncurkan hingga saat ini, Karimun Estilo terus menjadi market leader di city car rata-rata 60-70 persen," kata Presiden Direktur Suzuki Indomobil Motor Yoshiji Terada dalam peluncuran di Jakarta.

"Data tersebut menunjukkan Karimun Estilo adalah city car yang paling diminati oleh masyarakat lndonesia."

Selain karena bodinya yang kompak, mesin dengan durabilitas tinggi, suku cadang yang mudah dengan harga terjangkau, juga karena konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit.

Pemasaran New Karimun Estilo ini dilakukan di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Sumatera, Bali, dan lndonesia bagian timur lainnya. Target di kola kota besar tersebut sesuai dengan pasar yang dibidik New Karimun Estilo, yaitu mulai remaja hingga pasangan muda dengan rentang usia sekitar 20-35 tahun.

Menurut Terada, dampak perubahan iklim dan berlangsungnya pemanasan global semakin menyadarkan masyarakat dunia terhadap pentingnya konservasi dan pemeliharaan lingkungan. Konsekuensinya, tuntutan kepada para produsen, termasuk industri otomotif, bisa menghasilkan produk yang ekonomis dan ramah lingkungan.

"Menyadari kondisi ini, kami merancang kendaraan yang ekonomis dan ramah lingkungan dengan melakukan terobosan baru melalui Karimun Estilo," katanya.

Karimun Estilo baru dilengkapi dengan engine Suzuki generasi terbaru yaitu tipe K10B. Mesin tipe ini merupakan generasi terbaru Suzuki. Mesin seri ini sudah digunakan Suzuki secara global, seperti pada mobil New Celerio, A Star, Ato, Splash, maupun Ritz.

Salah satu keunggulan dari mesin ini adalah pengaturan kerja katup secara elektronik untuk menghasilkan pembakaran yang optimum.

"Engine ini sangat ekonomis dan ramah lingkungan. Bahkan bisa ditingkatkan ke engine dengan kualifikasi euro 4," ujar Terada.

Rahasia keiritan New Karimun Estilo terletak pada penggunaan mesin baru K10B berbahan aluminium ringan berkapasitas 998 cc, 3 silinder segaris, DOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 68 PS/6.200 rpm dan torsi maksimumnya 90 Nm/3500 rpm. Sedangkan pendahulunya menggunakan mesin 1.100 cc, 3 silinder segaris, SOHC, bertenaga 65 PS/6.200 rpm.

Selain perubahan besar pada mesin, New Karimun Estilo juga mengalami perubahan besar pada eksteriornya. Sesuai dengan konsepnya yang berubah menjadi maskulin, New Karimun Estilo tampil dengan kap mesin yang lebih tinggi, gril yang lebih lebar, serta bumper dan lampu utama yang lebih besar.

Perubahan itu menyebabkan dimensi panjang bagian depannya, dari pilar A hingga bagian terdepan, lebih panjang sekitar 100 mm dari generasi pendahulunya.

Sedangkan fitur-fitur pentingnya adalah velg berdesain baru, kaca spion elektrik yang dicat sewarna bodi. Begitu pula dengan gagang pintu juga dicat sewarna.

Penampilannya pun semakin mewah dengan mengaplikasi warna beige pada interior seperti door trim dan kursinya. Odometer didesain baru dengan petunjuk bahan bakar model digital (fuel bar).

Setir menggunakan model 3-spoke bernuansa metal yang elegan, senada dengan lingkaran odometer dan konsol tengah yang juga berwarna keperakan.

New Karimun Estilo dengan audio system berupa head unit yang dilengkapi CD player dengan MP3, serta memiliki sistem aux-in yang dapat dihubungkan langsung dengan iPod.

New Karimun Estilo juga dibekali perangkat keamanan immobilizer. Dengan peranti ini, mobil tidak mudah dicuri karena sistem ini secara otomatis menyocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan.

"Fitur ini lazim terdapat pada kendaraan yang setingkat di atasnya," katanya.

Perangkat keamanan lainnya adalah sabuk pengaman untuk kelima penumpang, batang pengaman di dalam pintu, serta struktur kerangka bodi Total Effective Strength Structure (TESS) yang kuat dan mampu meredam benturan secaca maksimal, sehingga mampu melindungi penumpangnya dengan optimal.

New Karimun Estilo dipasarkan dengan harga yang tak berbeda dengan Karimun Estilo versi terdahulu, yakni Rp 127,75 juta (harga on the road untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya).

hadi.suprapto@vivanews.com

0 komentar: