Minggu, 01 November 2009

Pertemuan Dewan NATO-Rusia di Kabul

Brussels (ANTARA News/RIA Novosti-OANA) - Pertemuan Dewan NATO-Rusia pada tingkat duta besar diduga akan diselenggarakan pada 2010 di ibukota Afghanistan, Kabul, kata utusan Rusia di NATO Rabu.

"Kami sedang mempertimbangkan kemungkinan menyelenggarakan pertemuan Dewan NATO-Rusia pada tingkat duta besar di Kabul, sebagai pengganti Brussels," kata Dmitry Rogozin.

Dia menambahkan, bahwa usulan itu telah disampaikan pada pertemuan terakhir para duta besar Rusia dan NATO.

Rogozin juga mengatakan, bahwa pada saat ini `tidak ada tentara Rusia yang akan dikirimkan ke bumi Afghanistan`, sehingga Moskow tidak akan menggantikan diri untuk mendukung perlawanan terhadap gerilyawan garis keras Taliban.

Namun demikian, dia juga mengatakan bahwa pertemuan itu tak akan diselenggarakan di Kabul jika keamanan di Afghanistan tingkatnya masih rendah.

Pada Rabu pagi, orang bersenjata dengan senjata otomatis menyerang satu wisma tamu yang digunakan oleh para staf Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di jantung ibukota Afghanistan itu, menewaskan sedikitnya 12 orang, termasuk enam staf PBB.

Rogozin mengatakan, pertemuan mendatang Dewan NATO-Rusia itu pada tingkat duta besar, dijadwalkan 25 November, yang difokuskan pada masalah perang terhadap kelompok-kelompok teroris di Afghanistan dan negara-negara tetangganya.(*)

0 komentar: