Minggu, 01 November 2009

OBAMA,Ekonomi Amerika pulih

Washington (ANTARA News/AFP) - Presiden AS Barack Obama, Sabtu, mengutip laporan minggu lalu mengenai produk domestik bruto (PDB), mengatakan Amerika Serikat telah pulih dari resesi mendalam dan "ratusan ribuan pekerjaan" telah diciptakan melalui investasi besar-besaran.

Presiden mengatakan, untuk pertama kali dalam lebih dari satu tahun -- dan lebih cepat daripada dalam dua tahun sebelumnya, ekonomi AS kembali tumbuh.

"Hari ini, saya senang mempersembahkan beberapa berita yang lebih baik -- meskipun untuk tak dirayakan -- dan menjadi alasan untuk percaya bahwa kita bergerak ke arah yang benar," kata Presiden AS dalam pidato radio mingguannya.

Obama mengatakan paket stimulus UU Pemulihan 787 miliar dolar AS yang lolos awal tahun ini telah membantu menciptakan atau menyelamatkan lebih dari satu juta pekerjaan.

Data yang disiarkan di Recovery.gov, website panel independen pengawasan tindakan stimulus, menunjukkan pekerjaan langsung 640.329 diselamatkan atau diciptakan sampai sampai 30 September. Sementara para pejabat mengatakan jumlah sebenarnya pekerjaan yang diciptakan lebih dari satu juta.

Namun, Partai Republik menuduh pemerintah mengarang cerita soal jumlah penciptaan lapangan kerja "dari udara kosong" untuk menyamarkan kegagalan kebijakan ekonomi Obama.

Pengangguran tetap menjadi rintangan utama untuk pemulihan, dengan angka bulanan terakhir pada September tingkat pengangguran naik ke tertinggi 26 tahun pada 9,8 persen, dengan mempercepat hilangnya pekerjaan untuk 263.000.

Pengeluaran konsumen AS, penggerak utama pertumbuhan, jatuh untuk pertama kalinya dalam lima bulan pada September, data resmi menunjukkandi tengah kekhawatiran perekonomian mungkin melambat setelah keluar dari resesi.

Pengeluaran rumah tangga turun 47,2 miliar dolar atau 0,5 persen bulan lalu, sesuai perkiraan sebagian besar ekonom, setelah direvisi melompat 1,4 persen pada Agustus, Departemen Perdagangan mengatakan Jumat. Ini adalah penurunan terbesar sejak Desember 2008. Namun, Obama mengatakan ada alasan untuk optimis.

"Kita sudah diselamatkan pekerjaan dengan menutup kekurangan anggaran negara untuk mencegah PHK dari ratusan ribu staf polisi, pemadam kebakaran, dan guru yang hari ini dipanggil, dan berada di dalam kelas karena UU Pemulihan," kata Obama.

"Dan kita juga menciptakan ratusan ribu pekerjaan melalui investasi terbesar di jalan-jalan kita, mulai pembangunan jalan raya antarnegara bagian, dan melalui investasi terbesar di bidang pendidikan, penelitian medis, dan bersih energi dalam sejarah."

Namun Presiden mengingatkan bahwa banyak pekerjaan yang masih terbentang di depan dan berkata bahwa ia ingin menciptakan suatu perekonomian di mana pekerjaan tersedia dan pendapatan meningkat lagi.

"Perekonomian kita sedang dibangun di atas fondasi yang solid, mendukung pertumbuhan yang kuat, berkelanjutan, dan secara luas dianut oleh keluarga kelas menengah di seluruh Amerika," kata Obama. (*)

0 komentar: