Selasa, 03 November 2009

6 Vendor Kolaborasi Kembangkan Jaringan IP

VIVAnews - Alcatel-Lucent, Ericsson, Fujitsu, NEC Corporation, Nokia Siemens Networks dan NTT Docomo, Inc. mengumumkan kerjasama pengembangan yang mereka lakukan. Selain itu, keenam vendor telekomunikasi tersebut juga telah berhasilan melakukan ujicoba spesifikasi teknis bersama untuk layanan jaringan IP Multimedia Subsistem (IMS) bernilai tambah.

Spesifikasi baru yang dibuat tersebut akan memudahkan para operator telekomunikasi dan vendor untuk mengembangkan fungsi-fungsi jaringan bernilai tambah. Para operator yang telah mengadopsi IMS dapat menambahkan fungsi-fungsi ini dalam jaringan yang ada dan mewujudkan layanan-layanan baru.

Dengan layanan baru tersebut, misalnya, seorang pengguna dapat mengedit gambar dalam jaringan dan mendistribusikannya atau mengubah teks bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris sebelum mengirimnya ke penerima.

Alcatel-Lucent, Ericsson, Fujitsu, NEC, NSN dan Docomo berkolaborasi untuk membangun sebuah sistem jaringan berbasis spesifikasi-spesifikasi baru tersebut dan kemudian sukses melakukan sebuah demonstrasi pada Agustus lalu.

Keenam perusahaan, seperti VIVAnews kutip dari keterangan pers resminya, 13 September 2009, berkomitmen untuk mengimplementasikan spesifikasi-spesifikasi tersebut dalam proyek Rich Communication Suite (RCS).

Upaya kerjasama ini disupervisi oleh Global System for Mobile Communications Association (Asosiasi GSM) yang berupaya merintis jalan untuk memperkenalkan layanan-layanan komunikasi kaya berbasis IMS komersial dalam jaringan bergerak dan, nantinya, dalam jaringan tetap.

0 komentar: