Minggu, 01 November 2009

332 Muslim China Tunaikan Haji

VIVAnews - Lebih dari 300 umat muslim China berangkat ke tanah suci Mekah, Arab Saudi, Jumat 30 Oktober 2009, untuk menunaikan ibadah haji. Mereka berangkat ke tanah suci di tengah kekhawatiran penyebaran influenza H1N1 atau yang lebih populer disebut flu babi.

Seperti dikutip dari laman Xinhua, sebanyak 332 jamaah meninggalkan Provinsi Gansu di barat daya China menggunakan pesawat carter. Mereka tergabung dalam kloter pertama dari 12.700 jamaah muslim China yang akan menunaikan ibadah haji.

Sebagian besar jamaah sudah diberi vaksin anti H1N1 karena tingkat waspada global meningkat terkait penyebaran virus. Demikian dikatakan pejabat Asosiasi Islam China, Chang Qingliang.

Pemerintah Arab Saudi sendiri mengatakan sudah bersiap menyambut sekitar tiga juta orang ke Mekah untuk naik haji. Mereka telah meminta jamaah haji agar disuntik vaksin untuk mencegah masuknya virus H1N1 ke dalam tubuh.

Menurut data terkini dari Departemen Kesehatan China, terdapat lebih dari 42.000 kasus flu babi. Sejauh ini ada empat korban tewas akibat flu yang pertama kali muncul di Meksiko tersebut.

0 komentar: